Di era digitalisasi, banyak hal yang bisa dilakukan melalui pengembangan teknologi terkini yang sangat efisien.
Seperti halnya melamar pekerjaan, banyak alternatif yang bisa dilakukan seseorang untuk melakukan submit cv atau resume ke sebuah perusahaan.
Hak itu pula yang dilakukan TikTok yang tengah menguji fitur baru yang dinamai "TikTok Resume".
Aplikasi besutan ByteDance itu menggarap sebuah fitur yang memungkinkan pengguna dapat melamar pekerjaan dengan menyertakan resume dalam bentuk video ke berbagai perusahaan.
Dikutip dari laman resmi TikTok Newsroom, Senin (12/7/2021), fitur TikTok Resume telah bekerja sama dengan 30 perusahaan asal Amerika Serikat seperti Chipotle, Target, Shopify, NASCAR, Contra, dan WWE.
Caranya pun sangat mudah, selain membuat lamaran pekerjaan secara formal di TikTok, pengguna harus membuat resume berupa video singkat. Setelah itu pengguna mengunggahnya ke TikTok lalu mengirim video tersebut ke perekrut melalui aplikasi.
Hebatnya lagi, video yang terunggah tidak hanya dilihat oleh perekrut kerja, tapi akan dibagikan di media sosial Tiktok secara umum dan tak menutup kemungkinan bisa menjadi For Your Page atau FYP.
Kemudahan melamar kerja melalui TikTok Resume tampaknya akan sangat diminati sebab aplikasi ini menjadi raja sosmed yang menyaingi Facebook atau Instagram. Perlu diingat, pengguna tidak disarankan untuk memasukkan nama keluarga, alamat email, atau informasi pribadi lainnya pada video tersebut.
"Kami senang meluncurkan 'TikTok Resume' sebagai program percontohan yang dirancang untuk terus memperluas dan meningkatkan layanan TikTok sebagai saluran baru untuk menemukan dan rekrutmen pekerjaan," tulis TikTok di laman TikTok Newsroom.
Saat ini, pengguna sudah bisa melamar pekerjaan yang tersedia melalui fitur TikTok Resume" sejak 7 Juli hingga 31 Juli 2021.Sebagai program percontohan, fitur TikTok Resume baru bisa digunakan oleh pengguna di AS.
Akan tetapi, tak menutup kemungkinan layanan ini akan tersedia di negara lain pada periode mendatang.